Rabu, 08 April 2009

Empat kejahatan pada anak


Tanpa disadari hal-hal yang kelihatannya sepele ini ternyata bisa membawa anda menjadi orangtua yang tidak baik bagi anak. Semuanya perlu anda ketahui agar "kejahatan" terselubung yang anda lakukan pada anak bisa dihilangkan.

1. Memaki dan Menghina anak
Orangtua bisa dikategorikan memaki dan menghina anak-anaknya ketika memaparkan setiap kekurangan dan kebodohan mereka kepada orang lain. Kejahatan ini semakin bertambah jika melakukannya dengan sengaja di depan teman-teman si anak.

2. Tidak adil pada anak
Tak semua anak tumbuh menjadi sempurna atau mendekati sempurna. Kadang anak diberi kekurangan pada fisik atau mental maupun keduanya. Hal ini jelas bukan kemauan anak itu sendiri. Namun kita sebagai orangtua masih ada yang tega tak menganggap mereka hanya karena "kurang" dari saudaranya yang lain. Oleh karenanya, anda tak adil membagi kasih sayang kepada mereka. Sikap demikian membuat anda pantas mendapat label sebagai orangtua durhaka.

3. Mendoakan anak yang buruk
Apapun keyakinan anda, mendoakan keburukan bagi anak hanya akan membuat anda semakin hina, baik di mata manusia, lebih-lebih dimata Sang Pencipta. Doa untuk keburukan anak jelas tidak bisa dimaklumi meski anak berbuat yang tidak baik sekalipun.

4. Tidak mendidik anak
Sibuk dengan pekerjaan kantor dan membiarkan anak dirawat oleh baby sitter atau orang lain selama 24 jam. Ini juga katergori orangtua yang durhaka pada anaknya. Sesibuk apapun anda, dekatlah dengan anak-anak dan ajarkanlah mereka basic-basic norma kesopanan dan tingkah laku agar mereka kelak menjadi anak yang bisa menghargai dan menghormati orang lain.

sumber:http://perempuan.com/new/index.php?aid=18659&cid=6&04%2F08%2F09%2C01%3A04%3A37

Tidak ada komentar:

Posting Komentar