Rabu, 08 April 2009

Resep Hubungan yang Sehat


Hal yang paling pertama adalah tanyakan pada diri anda seperti apakah hubungan serius itu menurut anda. Anda harus benar-benar mengerti apa yang sangat anda inginkan dari orang lain dan apa yang hendak anda berikan pada mereka. Dengan begitu, anda dapat melihat secara jelas sejak awal jika anda ingin membina hubungan yang serius dengan pasangan anda.

Sekali anda sudah berkomitmen untuk berhubungan serius, anda harus selalu mengingat apa yang menyatukan anda. Seperti, apa yang membuat anda saling tertarik secara fisik dan emotional? Apa yang anda paling suka dari karakter pasangan anda? Cara ini akan mencegah anda menjadi pamrih pada pasangan anda.

Setiap orang mempunyai pendapat yang berbeda. Jadi, jangan berharap orang lain akan melihat sesuatu dari sudut pandang yang sama seperti anda. Walaupun demikian, penting juga untuk mempunyai pandangan yang sama dalam hubungan, jika anda tidak ingin terlibat dalam argumen dengan pasangan. Perhatikan hal-hal seperti seberapa sering seharusnya anda dan pasangan bertemu. Jika ada hal yang penting bagi anda dan tidak bagi pasangan, ada baiknya anda juga mempertimbangkan pendapat pasangan.

Sabar adalah salah satu kunci utama dalam hubungan. Jangan keburu marah bila pasangan tiba-tiba cuek disaat anda justru ingin bersenang-senang bersamanya. Rileks saja, ambil napas yang dalam dan coba pikirkan alasan apa yang membuatnya menjadi seperti itu. Berasumsi dan langsung membuat kesimpulan adalah langkah yang tidak sehat. Itu menunjukan bahwa anda tidak memberikan keleluasaan bagi pasangan anda untuk bersikap apa adanya, ditambah lagi secara otomatis anda berasumsi buruk tentang dia. Beri dia waktu dan biarkan dia tahu bahwa anda akan selalu ada saat ia ingin bicara. Bagaimanapun situasi hubungan anda, sabar adalah emas, kecuali jika memang pasangan anda tidak mau mendiskusikan masalah, yang berarti anda perlu berkonsultasi atau menyudahi hubungan anda.

Kejujuran diatas segalanya. Setiap orang harus tahu bahwa mereka dapat mempercayai pasangan mereka karena itu dapat membangun kepercayaan dan kenyamanan diantara mereka. Mereka tahu kalau pasangan mereka akan selalu berbuat jujur, apapun itu. Tidak ada manusia yang sempurna, semua orang pasti pernah berbuat salah. Nah, jika sudah tahu hal itu, jangan biarkan diri anda berbuat hal yang anda tahu itu salah. Jika anda atau pasangan secara sengaja atau terang-terangan membuat kesalahan, itu artinya anda kurang memberi perhatian terhadap satu sama lain. Hal itu tidak sehat bagi sebuah hubungan. Yang sehat adalah menyadari bahwa suatu kesalahan adalah kesalahan. Anda dan pasangan harus menyadari bahwa yang ia lakukan salah dan dia harus merasa simpati atas apa yang sudah diperbuatnya. Jika anda dan pasangan sudah memahami hal ini, maka mudah bagi anda berdua untuk mencari cara bagaimana mengungkapkan kejujuran.

sumber:http://perempuan.com/new/index.php?aid=18724&cid=9&04%2F08%2F09%2C01%3A04%3A38

Tidak ada komentar:

Posting Komentar